Beranda | Artikel
Setiap Bidah Adalah Kesesatan - Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Numan, Lc.)
Selasa, 3 April 2018

Bersama Pemateri :
Ustadz Fachrudin Nu`man

Setiap Bid’ah Adalah Kesesatan merupakan kajian Islam yang disampaikan oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc. dalam pembahasan Kitab Prinsip Dasar Islam karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas hafidzahullahu ta’ala. Kajian ini disampaikan pada 04 Jumadil akhir 1439 H / 20 Februari 2018 M.

Download juga kajian sebelumnya: Contoh Kesempurnaan Islam – Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.)

Ceramah Agama Islam Tentang Setiap Bid’ah Adalah Kesesatan – Prinsip Dasar Islam

 

Allah telah menjelaskan segala sesuatu dan tidak perlu lagi menambah-nambahi urusan agama apalagi sampai menguranginya.

Pada kajian sebelumnya, telah dibahas tiga kesepakatan yang mustahil kita tidak sepakat. Bahkan jika kita tidak menyepakati hal ini maka kita akan kafir. Kesepakatan itu adalah:

  1. Islam agama yang sempurna.
  2. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menyampaikan seluruh agama ini.
  3. Kaum muslimin wajib mengikuti Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan dalam Al-Qur’an ada 33 ayat yang memerintahkan untuk mentaati Allah dan RasulNya.

Namun, sudah tidak lagi bisa dibendung. Kabar dari lisan ash-Shadiqul Mashduq (orang yang benar lagi dibenarkan perkataannya). Bahwa ditengah umat ini akan banyak kaum-kaum yang keluar dari tuntunan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sedikit kita akan mebahas pernyataan sebagian orang yang hal ini merupakan perusak utama agama ini. Pernyataan itu adalah bahwa “tidak semua bid’ah itu sesat”. Mereka mengatakan ada bid’ah yang diperbolehkan. Bahkan yang lebih parah lagi adalah ada bid’ah yang wajib.

Dalam shahih muslim, setiap kali Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hendak memberikan nasihat, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa mengingatkan sahabat dengan ucapan:

أَمَّا بَعْدُ فَإِنَّ خَيْرَ الْحَدِيثِ كِتَابُ اللَّهِ وَخَيْرُ الْهُدَى هُدَى مُحَمَّدٍ وَشَرُّ الأُمُورِ مُحْدَثَاتُهَا وَكُلُّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ

Amma ba’du. Sesungguhnya sebaik-baik perkataan adalah kitabullah dan sebaik-baik petunjuk adalah petunjuk Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sejelek-jelek perkara adalah (perkara agama) yang diada-adakan, setiap (perkara agama) yang diada-adakan itu adalah bid’ah, setiap bid’ah adalah kesesatan” (HR. Muslim no. 867)

Imam Ibnu Rajab ketika membacakan hadits di atas, beliau berkata, “bahwa ini merupakan perkataan yang ringkas tapi padat. Tidak keluar dari perkataan ini segala sesuatu urusan agama (aqidah, ibadah atau muamalah) dan hadits ini merupakan pokok besar dalam urusan agama“.

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Ceramah Agama tentang Setiap Bid’ah Adalah Kesesatan – Prinsip Dasar Islam


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30590-setiap-bidah-adalah-kesesatan-prinsip-dasar-islam-ustadz-fachrudin-numan-lc/